Kode Beep BIOS

Dari berbagai Komponen yang terdapat pada komputer, biasanya speaker motherboard/casing merupakan komponen yang terlihat kurang berguna, akan tetapi justru membawa manfaat yang sangat besar bagi orang yang mengetahuinya. Nah sekarang saya akan berbagi manfaat dari speaker motherboard/casing tersebut.
Dari speaker kecil yang biasanya hanya berbunyi sekali dua kali itu, Anda dapat memperoleh informasi tentang kondisi komputer Anda. Bunyi nya kadang-kadang panjang, pendek, sekali atau beberapa kali. Dari berbagai bunyi beep ini Anda dapat menganalisis kerusakan yang terdapat pada komponen komputer anda.
Setiap BIOS dapat saja berbeda  bunyinya saat memberitahukan masalah yang terjadi. Berikut adalah bunyi beep beserta keterangannya untuk AWARD BIOS.

1. Bunyi beep 1 x pendek, komputer dalam kondisi normal, tidak ada masalah. Bunyi ini biasanya terdengar saat Anda menyalakan komputer.

2. Beep 1 x panjang, 2 x pendek, kemungkinan ada gangguan pada video adapter, video adapter rusak / tidak terpasang dengan baik. Cek kabel vga mungkin tidak terpasang dengan baik pada video adapter.

3. Beep panjang berulang tanpa henti, kemungkinan ada gangguan pada memory. Periksa pemasangan memori (cabut, kemudian pasang kembali). Sebaiknya bagian tembaga pada kepingan memori dibersihkan dulu dengan penghapus pensil / pembersih lainnya. Ada juga kemungkinan memorinya rusak. Periksa dengan software khusus untuk menguji memory.

4. Beep 1 x panjang, 3 x pendek, kemungkinan ada gangguan pada video/VGA CARD, video card belum terpasang dengan baik /  rusak.

5. Beep dengan suara keras saat PC di hidupkan, kemungkinan karena prosessor terlalu panas (overheat). Periksa kipas prosessor dan kipas lain serta sirkulasi udaranya.
Beep berulang -ulang dengan keras, kemungkinan ada gangguan pada prosessor. Mungkin prosessor tidak terpasang dengan baik atau rusak. Periksa kipas prosessor dan setting BIOS untuk kecepatan CPU.

itulah sedikit tentang manfaat speaker motherboard/casing. rata2 untuk jenis BIOS lainnya juga sama, ya mungkin ada sedikit perbedaan. semoga bermanfaat juga ya.........

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Default Media center win 7

Cara Mendisable Windows Media Center

Cara buat burung twitter terbang di blog